Cara Membuat WordPress dengan 8 Langkah Mudah

Oktober 25, 2023| tokopribadi
cara membuat wordpress dengan 8 langkah mudah

Cara Membuat WordPress dengan 8 Langkah Mudah

Sebelum kita memulai perjalanan menuju cara membuat WordPress, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu WordPress. WordPress adalah salah satu platform paling populer untuk membuat dan mengelola situs web. WordPress memungkinkan kamu untuk membuat situs web dengan baik, baik itu untuk blog pribadi, situs bisnis, atau toko online. Pada umumnya, WordPress memiliki dua varian: WordPress.com, yang dapat digunakan secara gratis, dan WordPress.org, yang lebih cocok untuk pengguna yang ingin memiliki kendali penuh atas situs web mereka.

WordPress: Bayar atau Gratis? WordPress memiliki dua opsi utama: WordPress.com yang gratis dan WordPress.org yang gratis, tetapi memerlukan biaya hosting. WordPress.com memungkinkan kamu membuat situs web secara gratis, tetapi dengan keterbatasan dalam kendali dan fitur. Selain itu, nama domain kamu akan terlihat seperti “namasitus.wordpress.com.” Di sisi lain, WordPress.org memungkinkan kamu untuk menginstal WordPress dengan baik di hosting pilihanmu, memberikan kendali penuh atas situs webmu. Namun, kamu perlu membayar hosting dan domain, yang berarti ada biaya terkait.

Membuat WordPress untuk Pemula Bagi pemula, membuat WordPress mungkin tampak menakutkan. Tapi jangan khawatir, karena dengan panduan yang tepat, kamu dapat melakukannya dengan baik. Hal yang dibutuhkan dalam membuat WordPress adalah kesabaran, rasa ingin tahu, dan langkah demi langkah yang benar. Maka dari itu, mari kita bahas langkah-langkah utama dalam cara membuat WordPress:

8 Langkah Mudah dalam Membuat WordPress

1. Menyiapkan Layanan Hosting dan Domain

Kamu harus memiliki hosting untuk situs webmu. Pilih penyedia hosting yang baik dan terpercaya, dan pastikan untuk memeriksa algoritma terbaru yang mereka gunakan untuk memastikan kecepatan dan keandalan.

  1. membeli layanan hosting salah satunya di website Niagahoster, anda bisa membeli layanan hosting sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas yang anda inginkan.
  2. Setelah membeli layanan Hosting selanjutnya jika anda sudah memiliki alamat domain maka anda bisa melakukan langkah selanjutnya, akan tetapi jika blom memiliki alamat domain anda bisa membelinya sekalian saat membeli hosting

2. Install WordPress di cPanel:

Setelah kamu memiliki hosting, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress di cPanel. Ini adalah platform yang biasanya digunakan untuk mengelola hostingmu. Proses ini biasanya sederhana dan dapat dilakukan dengan beberapa klik.

  1. langkah pertama masuk ke dashboard cPanel dengan mengetikan alamat domain anda pada Browser (www.contoh.com/cpanel), kemudian memasukan username dan pasword yang sudah terdaftar melalui layanan hosting yang anda beli, biasanya username dan pasword diberikan malalui alamat Email terdaftar, atau bisa juga masuk melalui Panel Dashboar layanan hosting anda.
  2. Setelah berada di Dashboard cPanel maka selanjutkan menuju menu Softaculous App Installer kemudian Klik menu WordPress, Lihat gambar dibawah
  3. Setelah Memilih menu WordPress maka anda akan di arahkan ke halaman WordPress, di halaman ini Klik Install Now
  4. Pilihlah nama domain yang sesuai dengan situs webmu. Pastikan untuk memasukkan keyword ke dalam nama domain jika memungkinkan, karena ini akan membantu dalam pencarian Google.

  5. Selanjutnya anda diminta untuk mengisi data website seperti digambar untuk menyelesaikan instalasi

    Choose Protocol: Kalau Anda sudah memiliki SSL, kami sarankan untuk memasang WordPress menggunakan protokol HTTPS.
    Choose Domain: Memilih domain yang sudah anda miliki baik domain utama atau subdomain sebagai alamat untuk menginstall WordPress.
    In directory: Bagian ini dapat dikosongkan jika Anda ingin memasang WordPress di domain utama.
    Choose the version: Memilih versi WordPress yang akan diinstall, Pilihlah Versi terupdate
    Site Name: Nama website WordPress Anda.
    Site Description: Deskripsi singkat website Anda.
    Enable Multisite: Fitur ini bisa diaktifkan jika Anda ingin membuat banyak website WordPress dengan menggunakan instalasi WordPress yang sama.
    Admin Username: Username administrator ini akan digunakan untuk masuk ke panel Dashboar wordpress
    Admin Password: Password akun administrator website.
    Admin Email: Email aktif yang digunakan untuk menerima notifikasi dan permintaan reset password.
    Select Language: Pilih bahasa yang ingin digunakan di WordPress.
    Select Plugin: Di bagian ini, Anda bisa menambahkan plugin pada website.
    Advanced Options: Anda bebas mengubah Database Name, Table Prefix dan lokasi tempat menyimpan backup.
    Select Theme: Pilih tema yang ingin digunakan. Jika Anda tidak memilih tema, maka tema default lah yang akan terinstall di website Anda.

3. Login Dashboard WordPress

Setelah instalasi selesai, kamu dapat login ke dashboard WordPress. Di sini, kamu akan mengelola semua konten dan pengaturan situs webmu. Cara masuknya dengan mengetikan di browser www.contoh.com/wp-admin, setelah itu anda masukan username dan Password yang sudah anda buat

4. Memilih dan Memasang Tema WordPress

Pilih tema yang sesuai dengan tujuan situs webmu. Ada banyak tema gratis dan berbayar yang dapat membantu situs webmu terlihat profesional dan menarik.

5. Install Plugin Standar

WordPress memiliki berbagai plugin yang dapat membantu meningkatkan fungsionalitas situs webmu. Instal plugin yang kamu butuhkan seperti plugin keamanan, SEO, anti Spam dan lainnya.
tutorial cara belajar wordpress

6. Mengedit dan Mengubah tampilan Tema

Mengedit tampilan tema bisa dengan menu yang sudah disediakan oleh pihak vendor Untuk mengubah tampilan dan isi situs webmu sesuai selera, kamu mungkin perlu mengedit secara manual. Ini melibatkan penyesuaian kode CSS dan HTML.

7. Membuat Postingan atau Produk Pertama

Membuat Postingan atau Produk Pertama Mulai dari membuat postingan atau produk pertama di situs webmu. Pastikan untuk menyampaikan konten yang berkualitas dan relevan.

8. Mengoptimasi Performa Website:

Mengoptimasi Performa Website: Akhirnya, perbaiki kualitas situs webmu dengan mengoptimasi performa, menghapus bug, dan memastikan kecepatan akses yang baik dan menghubungkan ke berbagai webmaster

Hal-hal yang sering Ditanyakan

Apa itu WordPress? WordPress adalah platform populer yang digunakan untuk membuat dan mengelola situs web. Ada dua varian, yaitu WordPress.com (gratis) dan WordPress.org (memerlukan biaya hosting).

WordPress Bayar atau Gratis? WordPress.com adalah gratis, tetapi dengan keterbatasan. WordPress.org juga gratis, tetapi memerlukan biaya hosting dan domain.

Membuat WordPress untuk Pemula? Pemula dapat membuat WordPress dengan baik dengan panduan yang tepat. Perlu kesabaran dan langkah-langkah yang benar.

Hal Yang Dibutuhkan dalam Membuat WordPress? Dalam membuat WordPress, kamu harus memiliki hosting, nama domain, tema, plugin, konten berkualitas, dan upaya untuk mengoptimasi performa situs webmu.

Nah Selain itu langkah-langkah dasar dalam cara membuat WordPress yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan agar situs webmu berhasil dan terlihat profesional. Inilah beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan:

  1. Responsif dan Ramah Mobile: Pastikan bahwa situs webmu dapat diakses dengan baik di perangkat seluler. Banyak pengunjung situs web saat ini menggunakan smartphone, jadi responsivitas adalah hal yang sangat penting.
  2. Keamanan: Keamanan situs webmu harus menjadi prioritas utama. Gunakan plugin keamanan yang baik, perbarui secara teratur, dan gunakan kata sandi yang kuat.
  3. SEO (Search Engine Optimization): Agar situs webmu mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, pastikan untuk mengoptimasi setiap postingan dan halamanmu. Ini termasuk penggunaan kata kunci yang relevan dan meta deskripsi yang baik.
  4. Backup Rutin: Selalu lakukan backup situs webmu secara rutin. Dengan begitu, jika terjadi masalah atau kehilangan data, kamu dapat dengan cepat mengembalikan situs webmu.
  5. Kecepatan Loading: Pastikan situs webmu memuat dengan cepat. Pengunjung tidak suka menunggu lama, jadi optimalkan gambar, gunakan caching, dan pilih hosting yang cepat.
  6. Konten Berkualitas: Konten yang kamu sajikan harus informatif, relevan, dan berkualitas. Ini akan membantu menjaga pengunjung dan meningkatkan reputasi situs webmu.
  7. Integrasi Sosial Media: Jika kamu ingin memperluas jangkauan situs webmu, pastikan untuk mengintegrasikannya dengan akun media sosialmu. Ini akan membantu dalam mempromosikan kontenmu.
  8. Analisis Data: Gunakan alat analisis web seperti Google Analytics untuk melacak kinerja situs webmu. Ini memberikan wawasan berharga tentang pengunjung, lalu lintas, dan perilaku pengguna.

Nah itu tadi Cara membuat wordpress dengan 8 Langkah mudah bahkan untuk pemula yang baru mengenal wordprss pun bisa menginstall dan menggunakannya, semoga ilmu ini bermanfaat selamat mencoba.

Categories: Blog, Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rating*