fbpx
cara riset produk digital online mupun offline

Cara Riset Produk Laris di Internet Agar Laku Keras

Cara Riset Produk laris di internet Agar laku keras

Cara Riset Produk Laris di Internet | Banyak terkadang para pembisnis online maupun offline ketika ingin membuat sebuah produk misalnya, mereka tidak fokus pada product creationnya nilai sebuah produk tapi yang mereka fokus malah cara memasarkan produk yang mereka buat, maka hasilnya ketika dilihat produk nya yaa! Produknya gitu-gitu aja gak ada yang waah gitu. nah disini fungsi riset itu penting. penyebab masalah kenapa produk kita gak laku-laku atau gak ada yang nawar dikarenakan gak ada riset sebelumnya.

Dengan ilmu riset kita bakalan bisa melihat contoh kwalitas produk yang sama dengan kita kok bisal laris manis terjual itu gimana. begitu juga bagi anda yang tidak mempunya produk kemudian ingin berjualan maka ilmu riset ini bisa digunakan agar ketika kamu memilih produk tidak asal-asalan

Dimateri cara riset produk laris di internet ini adalah rangkuman dari beberapa ringkasan materi cara riset produk

Cara Riset produk laris di internet

  1. Riset Menggunakan data Role Model atau Benchmarking

Sedikit pengertian Melihat dari kaca mata Pembisnis Benchmarking adalah sebuah pengukuran dari kualitas produk atau perusahaan atau yang lainnya untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari subuah produk yang kita miliki dengan cara membandingkannya dengan produk yang serupa atau yang lainnya. Benchmark juga biasa disebut sebagai pembanding yang dijadikan patokan atau tolak ukur untuk meningkatkan kwalitas.

Maka Sebuah contoh agar mudah dipahami yaitu ketika anda membuat produk misalnya pakaian atau makanan ringan, atau cafe atau produk digital, atau buku, coba pikirikan kalau misalkan disebut makanan yang teringat spontan di kepala kita apa, kalau misalkan disebut air mineral yang terbenak spontan dikepala kita apa, kalau disebut baju koko yang terbenak dikepala kita apa. Nah Nama-nama itu yang dijadikan roul model atau benchmark pertama kali. Maka tulislah nama-nama yang terbenak di kepala anda tadi dengan cara di buat list untuk bahan referensi.

Jadi intinya adalah ketika kamu sudah tau siap benchmark yang paling hebat dibidangnya siapa maka tulislah di list. nah nanti apa-apa yang mesti di contek dari hasil benchmark akan kita bahas di pembahasan berikutnya.

2. Riset Kompotitor atau pesaing

Meriset kompotitor atau pesaing merupakan point sangat penting, banyak yang kita bisa ambil dari hasil riset kompotitor dan kita juga bisa mengetahui apa fungsi dari riset kompotitor yaitu kita bisa tau kwalitas produk atau mungkin pada suatu saat ketika anda louncing produk bisa jadi produk kamu menyaingi mereka. maka buatlah list nama โ€“ nama kompotitor anda yang hebat-hebat ๐Ÿ™‚


Ada pertanyaa berapa banyak data listnya baik kompotitor ataupun banchmark.? saran untuk data listnya paling minimal 3, semakin banyak data kompotitor atau banchmarknya maka semakin bagus.

3. Riset Melalu list atau Costemer anda

Seorang pembisnis pasti memiliki sebuah database konsumen atau costumer atau follower,
Akan lebih gampang jika kamu berbisnis punya database konsumen atau follower tinggal tanya ke mereka atau anda yang aktif sosial media, tanyakan kemereka hallo pak buk mas mas sekalian mungkin kira-kira yang anda butuhkan tentang produk saya apa lagi, nah ketika sudah terkumpul maka anda catat,semakin banyak data yang terkumpul berarti kabar baik buat kamu untuk mendapatkan inspirasi dari apa yang mereka butuhkan.

Lihat Produk cara panduan mendapatkan list database

4. Riset Data dari internet

Mencari data riset dari internet secara online. Ada banyak cara riset diinternet baik yang gratisan maupun yang berbayar. Dengan aplikasi tools di internet kita bisa mencari kata-kata atau keyword apa yang sering dicari, kemudian produk apa yang sering dicari orang-orang, nah data-data tersebut kita kumpulkan untuk nantinya akan disatukan dengan point-point yang lain,
Adapun untuk tools atau aplikasi riset secara online di internet sangat banyak saya sebutkan beberapanya .?

  • Google Trends
  • Google Keyword Planer
  • Audience insights untuk Facebook

Saya kasih contoh melalui Channel youtube mas Didikseo tentang riset melalu internet secara online. beliau pakar seo dan digital marketing jadi saya ambilkan contoh walaupun ada beberapa aplikasinya berbeda tapi pola untuk riset melalui internet seperti itu.

Setelah kita mengumpulkan data-data hasil riset maka ada sebuah pertanyaan Data yang perlu di contek dari point riset di atas apa aja.?


Yang perlu dicontoh dari hasil riset diatas adalah data bisnis modelnya :

  1. Revenue Streams

Sebelum Melihat Revenue Streams datang dari mana aja, maka saya jelaskan sedikit apa itu revenue streams
Revenue Streams adalah sebuah aliran pendapatan atau sumber dana suatu perusahaan atau arti luasnya yaitu dana yang dimiliki perusahaan untuk dikembangkan dan dikelola.

Maka kita lihat Aliran dana atau revenue streams yang dimiliki perusahaan berasal dari mana contoh dari penjualan kah, dari investasi, dari sewa atau dari dana suntik.

2. Channel Jualan atau Promosinya

Setelah mencari data Revenue streams dari mana. selanjutnya mencari data Promosi bagaimana mereka berjualan, dari Online atau offline, Kalau melalui online dari sosial media atau dari website bagaimana cara promosinya, itu semua dicari datanya.

3. Tentang Produk Creation

Apa itu Produk Creation .? produk creation merupakan elemen paling penting dalam ilmu riset atau bisnis marketing karena dia berkaitan dengan dua hal yaitu:

Market ( Menentukan Market )
Maksudnya ialah kira-kira kompotitor anda atau roul model anda target pasar spesifiknya siapa, cohtoh ketika kamu penjual produk digital ebook tentang SEO maka target pasar kamu bukan penjual bakso atau tukang tambal ban melainkan target pasar kamu adalah orang-orang yang bermain website pribadi atau E-commerce. Maka juallah produk sesuai kebutuhan konsumen jangan menyasar ke seluruh target pasar. Karena perlu diingat โ€ Jangan anda menjawab bahwasannya market anda adalah untuk semuanya karena ketika kamu semakin menjawab untuk semuanya maka semakin tidak jelas produk yang kamu pasarkanโ€

  • Value ( Nilai Produk itu sendiri )
    Penciptaan nilai produk atau Value of product ini point penting menentukan manfaat dari produk yang kamu memiliki punya kwalitas baik atau buruk kemudian manfaat apa yang bisa didapatkan konsumen bila mereka mempunya produk kamu.
    Kemudian Value of product atau nilai produk berkaitan dengan tiga hal dibawah ini
  1. Need atau Kebutuhan yaitu berhubungan sifatnya terbatas
  2. Want atau Keinginan yaitu mempunya sifat hal lebih
  3. Solution yaitu berhubungan dengan Problem

ููSebuah contoh
Misal kamu jualan pakaian, maka buat list tentang apa kebutuhan orang ketika membeli bajumu itu.? contoh baju yang kamu jual bagus, desain bentuknya beda, enak dipakai, beda dari yang lainnya dll
Kemudia keingin mereka ketika membeli baju kamu.? misal warna banyak pariannya atau banyak macam ukurannya atau bisa reques dll
dan terakhir buatlah list Problem kenapa orang membeli baju kamu. Orang beli karena harganya murah, orang beli karena barangnya limit takut kehabisan, orang beli karena nunggu diskon dll

Maka ketika sudah mengetahui hasil dari point value of produk maka buatlah list dari setiap pointnya agar mudah dipetakan.

Ringkasan Pentingnya adalah

Bahwasannya ngeriset itu gak mudah dan gak boleh ngasal untuk menghasilkan kualitas produk yang berkualitas super baik dan viral dengan hasil penjualan yang meledak maka temen-temen harus ngeriset poin dari awal yaitu cek riset list banchmarknya kemudian kompotitornya kemudian list costemer pinginnya gimana kemudian riset dari segi onlinenya.
nah ketika sudah tau list-list atau data yang mau kita contek maka data yang harus diambil adalah data revenue streamsnya secara detail kemudian channel penjualannya baik online maupun offline kemudian adalah product creation.

Maka anda yang mempunyai potensi atau opsesi ingin membikin produk maka saya sarankan bikin produk jangan ngasal karena kalau kamu ngasal produkmu gak bakalan laku, kalau lakupun paling hanya sidikit. dan data riset ini juga berfungsi bagi kamu yang berbisnis affiliate marketing pola yang dilakukan untuk memilih produk yang bagus itu sama, agar apa kita kok capek-capek untuk ngeriset.? agar nantinya produk yang kamu jual mempunya kualitas baik dimata konsumen tau apa yang konsumen butuhkan kemudian kita tau target pasar dan pastinya penjualan produk meningkat sangat tinggi yang intinya omset jualanmu akan meledak.

Sumber Data cara riset produk di internet

  • Penjelasan kang Dewa Eka prayoga
  • Pemateri digital marketing Mas Didik arwinsyah
  • wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: